Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Cara memperbesar dan memperkecil Peta

Cara memperbesar dan memperkecil peta. Memperbesar atau memperkecil peta bukanlah pekerjaan yang susah. Di zaman modern begini dimana ada banyak alat mesin fotocopi dan scaner, kita tinggal mengopi peta sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Masalahnya jika peta terlalu besar, maka akan susak di masukan ke mesin fotocopi atau scaner, untuk itu harus di lakukan secara manual. Berikut ini adalah langkah-langkah cara memperbesar dan memperkecil peta secara manual.

Cara memperbesar dan memperkecil peta

1. Tentukan terlebih dahulu peta dasar yang akan di perbesar atau di perkecil
2. Buatlah dam atau petak-petak dasar pada peta dasar tersebut dengan ukuran tertentu, misalnya 1 cm x 1 cm,
3. Beri nomor pada garis tepi petak-petak tersebut dari kiri kekanan dan dari atas ke bawah,
4. Buat dam atau petak-petak pada kertas yang akan di gambari salinan peta dengan ukuran sesuai keinginan anda tetapi harus tetap mengacu pada skala yang seimbang. Jika petak-petak pada peta dasar berukuran X, maka untuk memperbesar peta, maka petak-petaknya harus lebih besar dari peta dasar misal 2X, 3X, 4X, dll. Sedangkan untuk memperkecil peta maka petak-petaknya harus lebih kecil dari petak peta dasar misalnya 1/2X, 1/4X, dll.
5. Beri nomor pada garis tepi petak-petak tersebut dari kiri-kekanan atau atas ke bawah
6. Mulailah menggambar pada kertas karton berdasarkan peta dasar sesuai dengan petak-petak yang ada. Perhatikan dan gambarkan secara teliti jalur-jalur atau garis-garisnya sesuai dengan nomor urut petaknya.

loading...
Bagikan :
Back To Top