Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Beri-Beri

Penyakit Beriberi adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin thiamin (vitamin B1). Saat ini, WHO telah memutuskan untuk menggunakan istilah defisiensi thiamine menggantikan beriberi.  Etiologi Defisiensi thiamine (vitamin B1) yang larut dalam air, tidak stabil pada pemanasan, dan dibutuhkan dalam metabolisme karbohidrat. Dapat dikarenakan intake thiamine yang tidak mencukupi kebutuhan, kebiasaan mengkonsumsi sumber makanan yang tidak adekuat, atau mengkonsumsi makanan yang mengandung thiaminase atau senyawa antithiamine.
 Tiamin terdapat secara alami dalam sereal yang tidak dimurnikan dan makanan segar, roti gandum , daging segar, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah, susu, dll. Keracunan Arsen juga dapat menyebabkan perubahan dalam metabolisme sel yang mengakibatkan penyumbatan menggunakan tiamin yang mengakibatkan defisiensi tiamin tanpa kekurangan makanan. Diuretik diketahui dapat meningkatkan ekskresi thiamine.

Jenis Makanan kaya thiamine:
Gandum
Polong-polongan
Bayam
Legumen
Ikan air tawar mentah
Kerang mentah
Tumbuhan paku

Beri-beri ada 2 tipe, beriberi basah dan beriberi kering.
1.Beriberi basah, yakni disfungsi kardiovaskular yang biasanya kronik namun dapat pula timbul sebagai penyakit akut.
2. Beriberi kering, yakni disfungsi neurologis perifer dan atau sentral multifokal, yang termasuk di dalamnya Wernicke encephalopathy dan Sindroma Korsakoff.

Gejala penyakit beri-beri meliputi penurunan berat badan, gangguan emosi, gangguan persepsi sensorik (ensefalopati Wernicke), kelemahan dan nyeri pada tungkai, dan periode denyut jantung tidak teratur. Edema (pembengkakan jaringan tubuh) adalah umum. Hal ini dapat meningkatkan jumlah asam laktat dan asam piruvat dalam darah. Dalam kasus lanjut, penyakit ini dapat menyebabkan gagal jantung dan kematian.

Ada juga Beri-beri yang terjadi karena genetik. Orang dengan beriberi genetik kehilangan kemampuan untuk menyerap tiamin dari makanan. Hal ini dapat terjadi perlahan-lahan dari waktu ke waktu dan gejala yang terjadi ketika orang dewasa.

Beri-beri dapat juga terjadi pada bayi disusui ketika tubuh ibu adalah kurang tiamin. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi bayi yang diberi formula biasa yang tidak memiliki cukup tiamin. Mendapatkan dialisis dan mengambil diuretik dosis tinggi juga dapat meningkatkan risiko beriberi.

Pengobatan untuk beriberi adalah dengan tiamin hidroklorida, baik dalam bentuk tablet atau suntikan. Kemudian lakukan Tes darah untuk menentukan apakah suplemen tiamin sedang efektif. Sebuah pemulihan yang cepat dan dramatis dalam hitungan jam bisa dibuat saat ini diberikan kepada pasien, dan kesehatan mereka dapat ditingkatkan dalam waktu satu jam mulai pengobatan. Dalam situasi darurat di mana suplemen thiamin terkonsentrasi tidak tersedia, makan pasien dengan diet kaya thiamin (misalnya roti gandum coklat) akan mengarah pada pemulihan, meskipun pada tingkat yang jauh lebih lambat.

Insidensi
Prevalensi di negara berkembang sama dengan di negara maju.
Sering ditemukan pada dewasa dan bayi usia satu sampai empat bulan.
Jenis kelamin pada dasarnya tidak berpengaruh, hanya saja pria lebih sering terkena karenakarena kebiasaan minum minuman beralkohol yang lebih sering daripada wanita.
Lebih sering pada beberapa ras yang mengkonsumsi makanan rendah thiamine (beras tumbuk, ikan mentah, dll), yakni orang-orang Asia timur.
loading...
Bagikan :
Back To Top