Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Edelweiss

Edelweiss di kenal sebagai bunga abadi. Ada yang bilang bahwa Edelweiss berasal dari kata Endless yang artinya abadi. NAmun kemudian muncul arti kata yang sebenarnya yang ternyata dari bahasa Jerman yaitu "Edel" yang artinya Noble dan weiss yang berarti putih.
 
Edelweiss (Leontopodium alpinum) merupakan salah satu keluarga bunga Matahari yang tumbuh hanya di daerah pengunungan yang berbatu diatas ketinggian 2000-2900 dari permukaan laut. Edelweiss bisa di gunakan sebagai bahan obat-obatan untuk mengobati sakit perut dan ganggguan pernafasan.
 
Edelweis menjadi bunga kebangsaan Austria dan Switzerland dan merupakan bunga liar yang di lindungi. Edelweiss di kalangan para pecinta yang romatis dianggap sebagai lambang cinta sejati. Sebab itu banyak sekali para pencinta yang ingin menunjukan kesungguhan hatinya pergi ke daerah pegunungan yang terjal untuk mendapatkannya. Tidak terhingga yang terkorban nyawa akibat terjatuh dalan ngarai yang terjal atau pun perubahan cuaca yang tiba-tiba. Namun yang selamat dan berhasil meraihnya pun tak terkira.
 
Edelweiss merupakan tanaman yang mempunyai masa hidup sangat pendek. Yang setelah di petik bunganya beberapa kali tidak bisa lagi menghasilkan benih dan akan segera mati dan lenyap dari lingkungan tumbuhnya. Karena itu bunga ini termasuk tanaman liar yang di lindungi dari tangan2 iseng para pendaki dan para pencinta sejati. Sebenarnya mengembangkan Edelweiss sangat mungkin sekali karena tanaman ini berkembang biak dengan biji. Hanya saja sukar sangat untuk tumbuh dan berkembang jika condisinya tidak sesuai.
 
Edelweiss di negara-negara Eropa banyak di jadikan simbol, antara lain:
  • Di Austria, gambar Edelweiss terdapat pada coin 2 sen Euro,
  • Di Bulgaria, sebagai simbol Bulgarian Tourist Union,
  • Sebagai lambang Edelweiss Air, sebuah maskapai penerbangan Switzerland,
  • Di Swiss, selain sebagai Lambang Organisasi pelancongan negara itu, juga di gunakan sebagai tanda pangkat Jendral di militer mengantikan tanda bintang dsb.
 Begitu di hargainya bunga ini di benua Eropa, membuat mereka menjuluki sebagai 'Queen of Flower'. Di Asia, bunga Edelweiss dapat di jumpai di Indonesia (Semeru, Gede dsb) dan di Malaysia (Genting & Cameron highland).
loading...
Bagikan :
Back To Top