Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Si Pakar Pisang...

Tau tidak kenapa monyet suka pisang? Sebab pisang itu manis, lezat dan bergizi tinggi. Sejak zaman duuuulu...monyet identik dengan pisang. BAhkan jangan-jangan yang memberi ide pada manusia kalau pisang itu enak di makan adalah monyet. Wah.... ternyata, mungkin karena itu orang suka sekali membawa anak-anaknya ke kebun binatang ya (zoo) untuk bertemu si pakar pisang.. Monyet! (xixixixi)

Maria Sharapova pernah populer karena hobby nya makan pisang di sela-sela pertandingan. Rafael Nadal juga sering kali terlihat makan pisang di saat jeda. Pernah tahu kenapa?
~Sebab pisang adalah satu-satunya bahan pangan yang simple mudah di cerna mengandung tiga jenis gula alami (Sukrosa, fruktosa & glukosa) serta fiber (serat kasar) yang dapat memberikan tambahan energi langsung yang cukup banyak sehingga dapat menjaga tubuh tetap fit sepanjang waktu.~ Atlit tenis kan yang di butuhkan selain tenaga juga otak yang harus tetap jernih untuk mengatur strategi permainan. Dan pisang bukan hanya memberi tambahan karbohidrat tetapi juga vitamin dan mineral yang dapat meransang kerja otak dan mencegah ketegangan urat syaraf (Vit B).

Pisang merupakan tanaman yang berbuah hanya sekali kemudian mati. Sering di jadikan perumpamaan ~jadilah seperti pohon pisang, yang seumur hidup hanya berbuah sekali~ maksudnya apa ya? saya kok dudul banget...dah coba di nalar tapi tidak paham2.

Tapi yang jelas, pisang adalah tanaman yang serba guna. Dari ujung hingga pangkal semua bisa di manfaatkan. Buah pisang untuk di makan, jantung pisang untuk sayur, kulit pisang untuk bahan pembuatan cuka, bonggol pisang dapat di olah menjadi soda sebagai bahan baku sabun dan pupuk kalium, batang pisang sebagai penghasil serat dan pakan ternak, daun pisang sebagai pembungkus makanan, umbi dapat di jadikan tepung airnya mengandung tanin yang berguna sebagai obat disentri dan pendarahan usus besar.... wah banyak ya manfaatnya. Tapi yang paling utama yang tetap buahnya...buah pisang, sumber enegi dan vitalitas tubuh.

Tanaman pisang tidak mengenal musim dan bisa tumbuh di berbagai macam topografi dan jenis tanah. Namun untuk dapat tumbuh optimum sebaiknya di tanam pada tanah datar dengan ketinggian 500 m dpl dan dengan pH tanah antara 4.5-7.5 dengan suhu harian 25-27'c serta curah hujan 2000-3000. Ruwet nya... tapi yang pasti pisang bisa tumbuh di mana saja dan kapan saja selama di atas tanah. Berbuah atau tidak tergantung jenis tanamannya itu sj. Kata orang selain singkong, pisang adalah tanaman kedua yang paling mudah di tanam.

So, jika anda mempunyai halaman samping atau halaman belakang yang kosong jangan segan untuk menanaminya dengan pisang.... jika sudah berbuah, jangan lupa..... eng ing eng.....
loading...
Bagikan :
Back To Top