Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Friday the 13th

Friday the 13th adalah sebutan untuk hari jumat yang jatuh pada tanggal 13 yang menurut kepercayaan merupakan hari yang tidak baik. Dalam kalender masehi (gregorian) Friday the 13th setidaknya terjadi satu kali dalam setahun. Jika dalam suatu bulan tanggal 1 jatuh pada hari minggu, maka tanggal 13 pasti jatuh pada hari Jum'at.

Sebetulnya tiada bukti otentik yang menyatakan dengan jelas dan gamblang mengapa friday the 13 menjadi hari yang 'menakutkan'. Kecuali bahwa kepercayaan ini berasal dari pengabunag dua hal yang menurut orang barat tergolong tidak baik. Yaitu hari Jumat dan no 13. Maka jadilah Friday the 13th yang termashur itu.

Friday the 13th juga ada di sebutkan dalam Norse mythology. Dimana Friday berasal dari nama Frigga, seorang dewi cinta yang tergusur dan dianggap sebagai tukang sihir yang dipercaya akan keluar dan membalas dendam setiap hari jumat.

Sumber lain tentang kepercayaan ini berasal pada zaman perang salib dan berhubungan erat dengan legenda Knight Templar. Menurut ahli sejarah, pembantaian terhadap para ksatria Templar ini terjadi tepat pada hari jumat tanggal 13. Supertision ini sangat tenar dan populer sejak terbitnya buku Davinci Code karya Dan Brown pada tahun 2003. Sehingga hampir susah membedakan antara fiksi dan fakta sejarah.

Kepercayaan terhadap Friday the 13th ada kelebihannya juga. Di USA, setiap Friday the 13th, angka kepadatan lalu lintas menurun mungkin karena setiap orang merasa tidak aman dan memutuskan untuk berdiam diri di rumah saja. YA memang begitulah, setiap keburukan pasti ada baiknya begitu pula sebaiknya. Tapi bagi saya pribadi..everyday is a good day..
Hv a nice day.. salam
loading...
Bagikan :
Back To Top