Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Manfaat Vitamin C

Manfaat Vitamin C sangat banyak diantaranya adalah sebagai anti oksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kerusakan sel, menghambat penuaan din, mencegah stresi dan lain sebagainya. Karena banyaknya manfaat Vit C pada tubuh manusia maka tidak salah kiranya kalau vitamin ini sering di sebut sebagai rajanya vitamin.

Dosis yang tepat dalam mengkonsumsi vitamin C adalah sekitar 75-200 miligram perhari. Namun takaran tersebut tidak fix tapi tergantung pada kondisi dan kebutuhan tubuh. Wanita hamil dan para ibu menyusui sudah tentu harus mengonsumsi vitamin C lebih untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya dan anak yang di kandung atau di susui.

Sumber vitamin C yang paling banyak adalah buah-buahan dan sayuran seperti orange, pepaya, Jambu batu dll. Selain itu terdapat juga dalam bentuk suplemen yang berupa tablet ataupun suntikan. Jika mengkonsumsi makanan sehat yang seimbang dan metabolisme tubuh berfungsi secara baik, menurut saya suplemen Vit C tidaklah di perlukan karena bahan pangan alami yang di konsumsinya pastilah sudah mencukupi.

Di kota-kota besar di mana tingkat polusi udara sangat tinggi maka vit C sebagai sumber anti oksidan sangat-sangat di butuhkan. Polusi udara yang berupa asap kendaraan bermontor, rokok ataupun cerobong-cerobong asap pabrik melepaskan radikal bebas keudara yang jika terhirup oleh paru-paru akan menyebabkan penumpukan radikal bebas dalam tubuh. Anti oksidan dari vitamin C berfungsi menetralkan dan melawan radikal bebas tersebut dan melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Menurut penelitian para ahli, kebutuhan vitamin C yang tercukupi akan membantu pembentukan kolagen sejenis senyawa yang menjadi penyusun utama jaringan penghubung yang berupa asam amino yang memiliki tingkat kelenturan dan lelekatan yang sangat tinggi sehingga berfungsi sebagai zat perekat antara kulit, tulang dan sendi. Kolagen tersebut berfungsi untuk menjaga kekenyalan dan kelenturan kulit sehingga dapat mengurangi kerutan dan meningkatkan kehalusannya. Mungkin karena itu belakangan ini vitamin C juga ramai dikonsumsi sebagai suatu kebutuhan untuk menjaga dan memperindah penampilan.

Konon kabarnya suntik vitamin C pada kulit, selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan, juga akan membuat kulit tampak lebih cantik dan awet muda. Hal ini berkaitan dengan cara kerjanya, antara lain menghambat kerja enzim tirosinase yang berperan dalam pembentukan pigmen. Jika kulit sering terpapar sinar matahari, enzim ini akan cepat terangsang untuk membentuk pigmen. Bila proses pigmentasi itu dihambat, otomatis kulit jadi bersih dan cerah.

Kelebihan Vitamin C secara umum tidak mempunyai efek yang signifikan terhadap tubuh sebab vitamin c larut dalam air dan akan terbuang dengan sendirinya melalui sekresi tubuh. Namun begitu bagi penderita penyakit tertentu seperti pada penderita gagal ginjall, kelebihan Vit C akan memacu pembentukan batu ginjal. Vitamin C juga bisa mengganggu penyerapan mineral yang diperlukan tubuh seperti tembaga. Karena Vitamin C merupakan senyawa yang mempermudah penyerapan zat besi. Sebaiknya jangan diberikan pada penderita yang mempunyai kelebihan zat besi. Informasi lebih lanjut bisa di dapat di... http://bianglala79.blogspot.com/2010/10/vita-mine.html
loading...
Bagikan :
Back To Top