Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Ajanta Caves India

Ajanta Caves di India. Goa Ajanta di Maharashtra, merupakan salah satu dari sekian banyak peninggalan kuno yang ada di India. Yang menakjubkan di goa ini banyak terdapat lukisan  patung-patung Buddha bernilai seni tinggi. Diperkirakan, monumen-monumen yang ada dalam goa ini mulai digarap pada abad ke 2 BC.

Ajanta caves ini tidak berpenghuni dan tersembunyi. Selama 1300 tahun goa ini terbengkalai, di bagian luar, belukar tumbuh tinggi, akhirnya menjadi hutan yang otomatis menyembunyikan keberadaan goa ini. Tidak ada yang pernah tahu bahwa di sana tersimpan ‘warisan dunia’ yang luar biasa. Sampai akhirnya pada musim semi tahun 1819 seorang pemburu harimau dari Inggris, bernama kapten Smith, yang tanpa sengaja memasuki ngarai yang curam.

Betapa terkejutnya dia ketika menemukan sebuah pintu tersembunyi di salah satu gua. Inilah kunjungan pertama manusia setelah ribuan tahun ke Ajanta caves. Ketika ditemukan goa itu hanyalah ‘rumah’ burung dan kalelawar serta binatang lainnya. Kapten Smith kemudian melakukan eksplorasi pertama untuk mengetahui ‘isi’ dari goa misterius itu. Nama Kapten Smith ini diketahui, karena yang bersangkutan menuliskan namanya pada dinding goa dan tahun kedatangannya. Ia menulis, “Kapten Smith, April 1819”.

Lokasi ajanta caves  ini terletak 100 km arah utara-timur Ellora, 104 km dari Aurangabad dan 52 km dari station kereta api Jalgaon. Ajanta caves terdiri dari 29 gua di mana 5 diantaranya adalah berfungsi sebagai kuil dan 24 yang lain adalah monasteri atau pondokan.
loading...
Bagikan :
Back To Top