Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Gibran Kahlil Gibran

Kahlil Gibran, lahir di kota Bsharre. Sebuah tempat di Lebanon yang dibanggakan sebagai pengawal Hutan Cedar Suci dimana raja Sulaiman yang termasyhur mengambil kayu-kayunya untuk membangun kuilnya di Yerusalem. Kuil yang kemudian dikenal sebagai Kuil Sulaiman atau Solomon's Temple atau Haikal Sulaiman.

Terlahir dengan nama Gibran pada 6 Januari 1883 dari seorang putri pendeta nasrani bernama Kamila. Kamila adalah seorang wanita terpelajar, penuh bakat dan jelita. Dia adalah guru Kahlil Gibran yang pertama. Poliglot yang menguasai bahasa-bahasa Arab, perancis dan Ingris ini juga berbakat musik. Maka tidak mengherankan jika karya pertama Kahlil Gibran adalah sebuah buku tentang teori musik: NUBZAB FI FANN AL-MUSIQA (Sekilas tentang Musik).

Pada tahun 1895, keluarga Kahlil Gibran migrasi ke Boston Amerika Serikat.Demi Kahlil Gibran, Peter saudara tirinya, dan ibunya berjuang sekuat tenaga untuk dapat menyekolahkannya. Karena hasratnya yang mengebu untuk mendalami bahasa ibunya dan kesusasteraan Arab, Kahlil Gibran kembali ke Lebanon untuk meneruskan pendidikannya di Madrasat Al-Hikmat (Sekolah Kebijaksanaan).Pada usia 18 tahun, Kahlil Gibran lulus dari Al-Hikmat dengan pujian dan sejak saat itulah kisah petualangannya berkeliling negeri mengunjungi tempat-tempat bersejarah, puing-puing purbakala serta berbagai warisan peradaban masa silam di mulai.

Novel pertama Gibran berjudul Al-Arwah al-Mutamarridah (Jiwa-jiwa yang memberontak). yang dilanjutkan kemudian dengan karya-karyanya yang antara lain:

Dalam bahasa Arab:
Nubthah fi Fan Al-Musiqa (Music, 1905)
Ara'is al-Muruj (Nymphs of the Valley, also translated as Spirit Brides and Brides of the Prairie, 1906)
al-Arwah al-Mutamarrida (Spirits Rebellious, 1908)
al-Ajniha al-Mutakassira (Broken Wings, 1912)
Dam'a wa Ibtisama (A Tear and A Smile, 1914)
al-Mawakib (The Processions, 1919)
al-‘Awāsif (The Tempests, 1920)
al-Bada'i' waal-Tara'if (The New and the Marvellous, 1923)

In English, prior to his death:
The Madman (1918) (downloadable free version)
Twenty Drawings (1919)
The Prophet, (1923)
Sand and Foam (1926)
Kingdom of the Imagination (1927)
Jesus, The Son of Man (1928)
The Earth Gods (1931)

Posthumous, in English:
The Garden of the Prophet (1933, Completed by Barbara Young)
Lazarus and his Beloved (Play, 1933)

Kahlil Gibran wafat pada tahun 1931 di New York. Hanya jasad bekunya yang di bawa pulang ke Lebanon untuk di istirahatkan di lembah Kadisya, dalam sebuah kuil dan di bawah keteduhan bayang-bayang Hutan Cedar Suci Lebanon.

Dari sekian banyak karya Kahli Gibran yang menjadi favorit ku adalah al-Ajniha al-Mutakassira (Broken Wings, 1912) serta duologi the Prophet & the Garden of the Prophet. The Prophet sendiri merupakan masterpiece of kahlil gibran yang selalu menjadi best seller dunia sejak pertama terbitnya tahun 1923 dan telah di terjemahkan dalam berbagai bahasa.

Karena karya klasiknya itulah Kahlil Gibran mendapat gelar 'The Immortal Prophet of Lebanon". Selain gelar tersebut di dunia sastra Kahlil Gibran juga mendapat julukan "sang pujangga besar, sang sufi, sang filosof, yang religius, yang cemerlang, sang pemberontak, si kufur dan yang abadi sepanjang zaman.....  (the Mystic, the Philosopher, the Religius, the Heretic, the Serene, the Rebellious and the Ageless).

Mungkinkah sebuah Predikat yang berlawanan terkumpul dalam satu pribadi?? Mungkin saja... jika orang itu adalah Gibran Kahlil Gibran... 'sang nabi dari Lebanon..'




loading...
Bagikan :
Back To Top