Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Okra

Okra atau kacang Bendi atau bahasa kerennya Lady's fingger... siapa yang tidak mengenalnya? ciee... but belief or not.... kebanyakan penduduk di daerah Jember tidak mengenal Okra. Mendengar namanya pun tidak pernah apalagi melihat bentuk atau memakannya. Begitupun saya... waktu pertama kali di tanya.. pernah makan Okra? Tanpa berpikir panjang langsung kujawab nggak. Tapi waktu di tunjukin buahnya... yeee..kalau yang itu sih favorit saya.. hehehe... biasanya nangkring bersama terong, cabe merah,  dll diatas mangkok yong tau fu ku... hehehe

Okra sudah terkenal sejak zaman Cleopatra.. bahkan konon kabarnya Okra merupakan sayuran kegemaran si ratu cantik dari Mesir ini.  Okra aslinya berasal dari Afrika dan dapat di budidayakan di daerah beriklim tropis ataupun subtropis. Di negara-negara timur tengah, Asia selatan dan Asia tengah, Okra merupakan idola. Hanya di Indonesia saja tanaman ini tidak begitu terkenal. Bagian yang dibuat sayur dari tanaman ini adalah buahnya. Buah okra berbentuk memanjang sampai sekitar 12 cm, berwarna hijau atau merah keunguan, bersegi seperti buah belimbing, berjumlah 5-8, dan mengandung musilane (lendir) dalam kadar tinggi. Menurut pendapat beberapa individu, lendir inilah yang menyebabkan mereka enggan mengkonsumsi Okra.

Tananam Okra sebenarnya termasuk tanaman yang serba guna. Dari daun hingga biji memiliki manfaat tersendiri. Daun Okra dapat di makan sebagai campuran salad, buahnya selain di konsumsi sebagai bahan makanan berfungsi juga sebagai bahan obat-obatan dan kosmetik, biji Okra dapat di ambil minyaknya secara ekstraksi. Sayang sekali tanaman yang multi guna ini tidak begitu populer di Indonesia.

Untuk mengetahui sekilas tentang cara budidaya okra dapat di baca di Cara Bertanam Okra
loading...
Bagikan :
Back To Top