Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Makanan untuk kesehatan Rambut dan Kuku

surendeng Tidak diragukan lagi kesehatan rambut dan kuku sangat menunjang estetika tubuh. Terutama sekali karena rambut  merupakan mahkota wanita. Biarpun wanita gundul bisa  terlihat cantik, namun hanya sedikit wanita yang rela untuk memplontosi kepalanya demi alasan tampil beda.

Ada berbagai makanan bergizi tinggi yang dapat menunjang kesehatan rambut, kuku dan tubuh yang dalam berbagai segi makanan tersebut juga berfungsi untuk menurunkan risiko terserang penyakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan stamina dan bahkan mempengaruhi kebiasaan tidur Anda.

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan sehat untuk Rambut dan Kuku secara khusus dan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan:

1. Biotin / Vitamin H
Biotin (alias vitamin H) dapat memperbaiki rambut yang tipis dan bercabang serta menguatkan kuku. Jika di konsumsi bersama Zinc dan clobetasol kortikosteroid propionat, biotin dapat digunakan untuk mengobati alopecia, sebuah penyakit kulit autoimun yang ditandai dengan rambut rontok. Menurut Nina DiBona, seorang ahli diet dan ahli gizi di Club Olahraga  di Boston, mengatakan bahwa kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rapuh atau rambut rontok. Karena itu Biotin merupakan pilihan utama bagi siapa saja yang ingin memiliki rambut indah, bercahaya dan sehat. Biotin di sebut juga dengan Vitamin H  agar muda di ingat. H yang dimaksud pada Biotin sebagai vitamin H adalah singkatan dari "haar dan haut," berasal dari bahasa Jerman  yang berarti "rambut dan kuku".

2. Asam Lemak Omega-3
Untuk mendapatkan rambut lebih bersinar, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak Omega-3. Asam lemak Omega-3 ini berfungsi untuk menjaga kesehatan kesehatan kulit kepala dan juga merupakan unsur penting yang dapat membuat rambut nampak berkilau indah. Asam lemak Omega-3 terdiri dari asam-alpha-linolenic aktif, asam eicosapentaenoic dan asam docosahexaenoic yang kesemuanya adalah asam lemak esensial yang merupakan komponen penting dari stratum korneum, yaitu  lapisan terluar dari epidermis yang berisi keratin dan memiliki kemampuan menahan air. Defisiensi dalam asam lemak esensial ini dapat menyebabkan kulit kepala kering dan berketombe. Sumber makanan yang banyak mengandung asam lemak Omega-3 antara lain :Telur, biji rami, minyak ikan, makarel, salmon, sarden, bayam, tuna, dan kenari.

3. Protein
Protein merupakan bahan utama penyusun rambut dan kuku. Protein struktural ini di kenal dengan nama keratin. Asupan protein yang cukup adalah penting untuk menjamin tersedianya bahan untuk  pertumbuhan rambut dan kuku yang kuat dan sehat. Cara mudah untuk mendapatkan suplai protein adalah dengan banyak-banyak makan daging dan leguminosa. Contohnya makanan yang banyak mengandung protein antara lain:  Ayam, telur, daging merah tanpa lemak, susu rendah lemak, kacang-kacangan, seafood, kedelai dan gandum.

4. Vitamin A
"Vitamin A membantu menghasilkan bahan kondisioner untuk kulit kepala yang dikenal sebagai sebum, yang membuat rambut indah bercahaya dan sehat. Selain manfaat kecantikan, vitamin ini memberikan kontribusi yang lebih baik untuk kesehatan mata dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Bahan makanan yang kaya akan vitamin A antara lain: Aprikot, brokoli, melon, wortel, keju Cheddar, kuning telur, mangga, oatmeal, bayam dan ubi jalar.

5. Zinc atau Seng
Zinc adalah nutrisi lain yang aktif dalam membantu fungsi sistem kekebalan tubuh dengan baik. Zinc sangat di perlukan dalam pembentukan jaringan ikat sekaligus menjadi komponen penting dalam berbagai enzim yang ada dalam tubuh yang beberapa diantaranya berperan dalam pembentukan protein yang berfungsi sebagai penyusun rambut dan kuku. Salah satu tanda-tanda kekurangan zinc adalah Alopecia, rambut kering, rapuh dan berketombe. Sumber makanan yang bisa di konsumsi untuk mensuplai kebutuhan akan zinc antara lain: Mete, kacang hijau, bersandar daging sapi, lobster, tiram dan kacang kedelai.

Source: WomansDay.com
loading...
Bagikan :
Back To Top