Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Neraca Kebahagiaan

"Jika skala kebahagiaan adalah antara 1 dan 5, dengan 1 sebagai sangat bahagia dan 5 sebagai sangat tidak bahagia, maka pada skala nomor berapakah kebahagian hidup anda?"

Neraca kebahagian sekiranya ada... kira kira terbuat dari apa ya? Apa sih yang mentukan kebahagiaan seseorang? Harta yang melimpah, anak yang banyak, atau hanya sebuah kehidupan yang pas-pas an? pokoknya yang serba pas. Pas butuh, pas ada...!

Hidup adalah sebuah perjalanan yang sangat mengangumkan. Dalam menempuhinya terkadang muncul kebahagian dan kesedihan tanpa di sangkah dan di nyana. Kadang sedih, kadang gembira bahkan terkadang ada yang merasakan keduanya dalam waktu yang bersamaan ataupun yang tidak merasakan apa-apa... karena hatinya sudah tawar. Namun meski berbagai rasa... tujuan hidup hanyalah satu, mengapai kebahagiaan. Baik kebahagiaan dunia maupun akhirat. Lalu apakah yang menjadi ukuran kebahagiaan seseorang? Atau simplenya " Bahagiakah anda dengan kehidupan yang anda jalani?"

Jika pertanyaan itu ditanyakan pada saya, maka jawabnya adalah sangat bahagia. Jika boleh mengatakan skala kebahagiaan saya adalah... antara 1 dan 2. Antara bahagia dan sangat bahagia. Meski menurut orang yang berada di sekelilin saya kehidupan saya tidak bahagia, tapi yang merasakannya kan saya..betul tidak?

Jadi kesimpulannya, kebahagian seseorang itu sifatnya relatif. Hanya bisa di rasakan oleh yang bersangkutan. Jadi mungkinkah sesuatu yang tidak pasti dapat diukur dengan  neraca?

Meyimpulkan dari kesimpulan diatas... maka sebenarnya neraca kebahagiaan itu adalah sesuatu yang mustahil dan tidak mungkin eksist di dunia ini. Selama tidak ada parameter yang pasti... maka neraca kebahagiaan hanyalah sebentuk imaginasi.
Agreeee???
loading...
Bagikan :
Back To Top