Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Antara Hati, Pikiran dan Akal

 merah hati Hati, Pikiran dan Akal  adalah tiga kesatuan pembentuk sifat dan watk manusia. Antara satu dengan yang lainnya tidak dapat di pisahkan. Dari ketiganyam Hati adalah pemegang kunci. Tempat segala kebaikan dan keburukan bersemayam. Jika pikiran mengusulkan maka hati memutuskan dan Akal mengiyakan. Begitu selalu kinerja ketiganya.

Hati adalah kunci hubungan manusia dengan Tuhannya. Karena Hati adalah tempat bersemayamnya Iman, dengannya kita bisa berkomunikasi dengan sang Khaliq. Hati juga menjadi kunci hubungan dengan sesama manusia. Hubungan yang dilandasi kejernihan hati dapat menjadikan hubungan yang lebih sehat, baik dan konstruktif dengan siapapun. Karena hubungan yang dilandasi kejernihan hati akan mengedepankan kasih sayang, kejujuran, kebersamaan dan saling menghormati. Hubungan dengan manusia akan terasa menyenangkan, menghadirkan kedamaian dan kebahagiaan.

Ada hati yng penuh kasih sayang ada juga yang penuh kebencian dan dendam. Jika hal ini terjadi maka pikiran dan akal yang menjadi tamengnya. Hati bukan hanya akan mempertimbangkan tapi juga memutuskan. Karena itu kunci segala sifat dan watak manusia adalah dalam hati. Menurutkan kehendak hati bisa saja membawa kebaikan dan kebinasaan. Namun tidak mengikuti kehendaknya juga akan tidak berperikemanusiaan.

loading...
Bagikan :
Back To Top