Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Antara Plagiat dan COPAS

Plagiat dan Copas adalah satu sisi yang berbeda dari mata uang yang sama. Memang sangat menyakitkan kalau tiba-tiba kita melihat artikel yang kita tulis dengan susah payah muncul di website lain dengan tulisan yang sama persis atau sebagiannya dan muncul di posisi teratas hasil pencarian untuk keyword yang sama. Bisa membuat kepala mendidih dan hati berkarat penuh sumpah serapah. Kok bisa? Katanya search engine akan memberi hukuman pada website yang melakukan duplicate content??? Sejujurnya.. dengan sedih ..harus kukatakan... That's too good to be true. Search engine tidak perduli dengan duplicate content. Dan hukuman yang disebutkan juga tidak pernah ada. Karena dunia maya menerapkan hukum rimba yang sebenarnya. Siapa pintar dia menang.... apalagi jika pintar dalam SEO pasti setiap artikel yang di copasnya akan selalu menduduki posisi pertama dihalaman SERP.

Sebenarnya Antara Plagiat dan copas kalau di perhatikan secara lebih teliti ternyata serupa tapi tidak sama. Ketidaksamaan yang sedikit itulah yang memberi nilai plus kepada copas. Bahkan sudah tercipta kesepakatan antara para webmaster dalam hal T&C nya (term & Conditions) COPAS yaitu harus mencantumkan back link. Sebuah live link yang mengarah langsung ke sumber COPAS. Adil kan? Nah meski tanpa izin dulu kalau sudah mencantumkan live link ke sumbernya berarti ...sengketa terselesaikan secara sempurna. Setuju tidak? Setuju saja.. sebab setuju atau tidak setuju... sebenarnya tidak ada bedanya. Artikel kita pasti akan tetap di COPAS, baik sebagian atau keseluruhan. Dan Google sebagai search engine tidak pernah menjamin kalau artikel pertama yang keluar pasti akan mejeng di halaman pertama search engine. Sama sekali tidak. Buktinya, banyak website yang penuh dengan artikel copas menduduki posisi teratas di search engine.

Percaya atau tidak plagiat dan copas juga membutuhkan keahlian serta seni tersendiri karena itu patut juga dihargai selama masih dalam batas-batas yang bisa di tolerir. Sperti mencantumkan live link ke sumber yang terkait. Karena menurut strategy SEO yang pernah saya baca, salah satunya adalah perkaya content website anda dengan berbagai cara. Salah satunya adalah copas.

Apakah website yang penuh artikel copas layak untuk mendapat dana dari suatu program PPC seperti kliksaya.com.  Kenapa tidak? Jika artikel yang di copasnya bermutu dan dapat menambah wawasan pembaca dan mampu menyerap banyak visitor serta ada Advertiser yang tertarik dan ingin mendanainya. Menurut saya para webmaster tidak seharusnya resah. Malah seharusnya bangga karena masih ada orang yang mau membaca dan tertarik mengcopas hasil karyanya. Nilai lebih kan? So COPAS? Yes... please! tapi jangan lupa back linknya..!
loading...
Bagikan :
Back To Top