Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Zaman sudah Berubah...

....yang tidak berubah hanyalah saya! Terkandang ingin menjadi sedikit modern, friendly dan penuh percaya diri. Tapi untuk apa?? Tak ada gunanya pun. Bahkan semakin menambah masalah. Kalau terlahir sebagai gunung es ..ya terima saja hakekatnya... tak perlu berakting layaknya sang mentari yang selalu memberi kehangatan di hati. Atau berlagak seperti sang embun pagi yang selalu bisa menyejukan hati.

Sikap, sifat dan watak adalah problema manusia. Ada yang diuntungkan karenanya. Ada pula yang dirugikan olehnya. Ada sikap yang disukai ada pula sikap yang dibenci. Padahal suka dan benci hanyalah satu sisi dari mata uang yang sama yang tidak mungkin dapat di pisahkan. Karena satu dan lainnya adalah saling melengkapi. Seperti dada dan punggung. Makhluk hidup selalu memiliki keduanya. Bahkan mahkluk hidup bersel tunggal sekalipun mempunyai punggung dan dada atau yang disebut abdomen. Begitu pula sifat sikap dan watak...selalu di miliki secara berpasangan. Yang membedakan adalah kuantitas atau prosentasenya.

Seorang yang pemarah, bukan berarti tidak punya kesabaran. Begitu pula seorang yang sabar bukan berarti tidak bisa marah. Selalu ada sisi positif yang dipasangkan dengan sisi negatif. Hanya pandai-pandai kita mengolahnya sesuai dengan kebutuhan.

Zaman memang sudah berubah... tapi bukan berarti kita juga harus ikut berubah. Merubah sikap dan sikap yang tidak didasari oleh kesadaran diri akan membuat seseorang kehilangan identitas diri. Apalagi kalau merubah sikap untuk mengambil hati atau mencari perhatian... wuaaahhhh sebaiknya jangan di lakukan. Karena akibatnya bukan hanya menyakitkan bagi diri sendiri tapi juga orang lain. Percayalah, menipu diri sendiri efeknya lebih menyakitkan daripada menipu orang lain. Apalagi kalau sampai menjadiakan seseorang sebagai batu loncatan atau kelinci percobaan.. wuahhhh selamanya akan diserbu rasa bersalah berkepanjangan. Pasti ada yang bertanya bagaimana saya tahu?? Sebagian adalah pengalaman pribadi... sebagian lagi adalah hasil dari mengamati...

Jadi biarlah zaman berubah... kita tidak akan menjadi fosil kalau tidak ikut berubah.
loading...
Bagikan :
Back To Top