Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Tahap-tahap Proses Klasifikasi Makhluk Hidup

Tahap-tahap Proses Klasifikasi Makhluk Hidup. Dalam proses klasifikasi setidaknya ada 3 tahap yang harus dilakukan. Tahap yang digunakan dalam proses klasifikasi makhluk hidup ini berdasarkan pada buku karya Carrolus Linnaeus yang berjudul Systema Naturae (sistem Alam) yang diterbitkan tahun 1758. Hingga saat ini buku tersebut masih digunakan sebagai pedoman dasar untuk melakukan klasifikasi ilmiah.
biology

1. Identifikasi atau Pencandraan, Pencandraan adalah proses mengidentifikasi atau mendeskripsi ciri-ciri suatu makhluk hidup yang akan diklasifikasi.
2. Pengelompokan, setelah dilakukan pencandraan, makhluk hidup kemudian dikelompokkan dengan makhluk hidup lain yang memiliki ciri-ciri serupa dalam unit-unit yang disebut takson.
2. Pemberian nama takson, selanjutnya kelompok-kelompok ini diberi nama untuk memudahkan kita dalam mengenal ciri-ciri suatu kelompok makhluk hidup.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, setiap tahap dalam proses klasifikasi makhluk hidup harus dilakukan secara teliti dan terperinci. Sehingga hasil yang diperoleh nanti dapat diterima secara ilmiah oleh khalayak dan dapat menambah pengetahuan umum dalam proses klasifikasi makhluk hidup.
loading...
Bagikan :
Back To Top