Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Proses Metabolisme Organisme | Pengertian dan Definisi

Proses Metabolisme Organisme. Metabolisme adalah segala proses reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh makhluk hidup, baik organisme seluler maupun organisme kompleks. Proses-proses kimia yang terjadi selama metabolisme di dalam organisme bertujuan untuk menghasilkan energi. Karena itu metabolisme sangat penting bagi makhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya. Secara umum metabolisme terdiri dari dua proses reaksi, yaitu:

Proses metabolisme organisme

Metabolisme terdiri atas 2 proses, yaitu:

1. Anabolisme
Anabolisme adalah proses penyusunan energi kimia melalui sintesis senyawa-senyawa organik. Dalam anabolisme terjadi reaksi yang merangkai senyawa organik dari molekul-molekul sederhana menjadi molekul kompleks.

2. Katabolisme Katabolisme adalah proses penguraian dan pembebasan energi dari senyawa-senyawa organik melalui proses respirasi ataupun fermentasi. Dalam katabolisme terjadi reaksi penguraian senyawa kompleks menjadi molekul sederhana. Semua reaksi yang terjadi dikatalis oleh enzim, baik reaksi yang sederhana maupun reaksi yang rumit.

Kedua prose metabolisme diatas diperlukan oleh setiap organisme untuk dapat bertahan hidup. Proses metabolisme ditentukan oleh suatu senyawa yang disebut sebagai hormon, dan dipercepat (dikatalisis) oleh enzim. Pada senyawa organik, penentu proses reaksi kimia disebut promoter dan penentu percepatan reaksi kimia disebut katalis.

Metabolisme juga berperan mengubah zat beracun menjadi senyawa yang tidak beracun dan dapat dikeluarkan dari tubuh. Umumnya hasil akhir anabolisme merupakan senyawa pemula untuk proses katabolisme, begitu pula sebalinya. Sebagian besar proses metabolisme terjadi didalam sel. Proses metabolisme memungkinkan organisme untuk tumbuh dan berkembang biak, menjaga struktur mereka, dan memberi respon pada lingkungan.
loading...
Bagikan :
Back To Top