Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Ilmu Laduni | Pemahaman dan Pengertian

Pengertian dan Pemahaman Ilmu Laduni. Ilmu Laduni (Ilmu Ladunny) adalah ilmu yang berasal langsung dari tuhan yang di berikan pada insan pilihannya melalui ilham dan tanpa perantara. Ilmu Laduni merupakan ilmu yang paling banyak di cari oleh umat manusia sepanjang zaman. Karena ilmu ini tidak memerlukan apapun untuk mendapatkannya hanya berdasarkan keberuntungan semata. Karena ilmu Laduni hanya di berikan Allah kepada insan pilihannya.

Istilah Ilmu Laduni diambil dari kalimat ‘minladunna ilman’, yang artinya: ‘ilmu yang berasal dari sisi Kami (Allah)’ tercantum dalam QS. Al Kahfi : 65 :

فَوَجَدَا عَبْدًا مِنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِنْ لَدُنَّا عِلْمًا

Artinya: “Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.” (QS. 18:65)

Ayah ini bertutur tentang kisah perjumpaan Nabi Musa dan Al Khidir (nabi Khidir). Dalam ayat ini Allah SWT menerangkan bahwa Al Khidir adalah orang yang mendapat ilmu langsung dari Allah, yang ilmu itu tidak diberikan kepada Nabi Musa. Sebagaimana juga Allah telah menganugerahkan suatu ilmu kepada Nabi Musa yang tidak diberikan kepada Al Khidir. Dan bagaimanapun nabi Musa berhasrat untuk mempelajari ilmu yang di miliki nabi Khidir, Al Khidir tidak dapat mengajarkannya pada Musa, karena ilmu yang diperoleh nabi Khidir adalah ilmu Laduni, yaitu ilmu tidak di pelajari atau di perlukan perantara dalam memilikinya. Ilmu itu hadir sendiri dalam lubuk sanubarinya seperti seberkas cahaya yang menjadi penerang.
Jadi jika sekiranya ada diantara saudara sekalian yang berhasrat besar ingin menguasai ilmu laduni, bukan berarti itu tidak mungkin. Karena hidup ini, sepanjang hayat masih di kandung badan ada 1000 kemungkinan yang dapat terjadi. Jangan putus asa, teruslah belajar dan berlatih, menimbah ilmu yang bermanfaat. Karena menuntut ilmu sama dengan ibadah. Separti sabda rosul, junjungan kita nabi Muhammad SAW, bahwa:
مَنْ عَمِلَ بِمَا عَلِمَ وَرَّثَهُ اللهُ عِلْمَ مَا لَمْ يَعْلَم

Artinya: “Siapa yang mengamalkan ilmu yang telah diketahuinya, Allah akan mewariskan kepadanya ilmu yang belum diketahuinya”.
Ilmu ladunni adalah ilmu mukasyafah. Ilmu mukasyafah ini bukan hasil mempelajari suatu ilmu tetapi merupakan ilham yang diletakkan kedalam jiwa orang mukmin yang hatinya bersih dan suci. Ilmu mukasyafah banyak bertentangan dengan ilmu syariat yang ada, sehigga tidak bisa dijadikan landasan hukum agama. Karena itu Musa selalu membantah apa yang dilakukan oleh nabi Khaidhir. Maka dari itu ilmu mukasyafah itu hanya untuk diri sendiri dan bagi yang mengerti ilmu ini saja, bukan dijadikan dalil hukum-hukum agama. Kecuali yang tidak bertentangan dengan nash Alqur’an dan Al hadist .

Adapun manfaat ilmu mukasyafah ini adalah untuk menjaga dan mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi terhadap kita maupun terhadap lingkungan, sehingga kita bisa mengantisipasi sedini mungkin … ittaquu firasatal mukmin … percayalah kepada firasatnya orang-orang mukmin.
Demikian sekilas tentang Ilmu Laduni yang kamusq simpulkan dari artikel yang tertulis di Tanbihun.com yang berjudul Rahasia Ilmu Laduni.
loading...
Bagikan :
Back To Top