Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Penyebaran Tumbuhan dan Hewan | Biogeografi Tumbuhan dan Hewan

Penyebaran Tumbuhan dan Hewan. Biogeorafi tumbuhan dan hewan di tentukan oleh ditentukan oleh letak geografis suatu wilayah, seperti ketinggian dan garis lintang, serta faktor-faktor abiotik yang terjadi akibat dari letak geografisnya seperti keadaan iklim yang meliputi curah hujan, suhu, dan radiasi cahaya. Berdasarkan jenis makhluk hidup yang menghuninya, biogeografi dapat dibagi menjadi dua,

Biogeografi tumbuhan dan Hewan

1. Penyebaran Tumbuhan
Penyebaran tumbuhan ditentukan oleh faktor geologis, geografis (seperti ketinggian dan garis lintang) dan curah hujan.  Semakin tinggi suatu tempat dari permukaan laut dan letaknya semakin jauh dari garis lintang, suhunya semakin menurun. Perbedaan suhu udara ini berpengaruh terhadap vegetasi yang tubuh di daerah tersebut.

2. Penyebaran Hewan (Zoogeografi)
Letak Indonesia yang berada pada posisi silang yaitu antara benua australia dan benua asia berpengaruh pada jenis hewan yang menghuni persada nusantara.  Letak geografis Indonesia tersebut menyebabkan Indonsia memiliki 2 daerah zoogeografi, yaitu zona oriental dan zona Australia. Konon, menurut sejarah, Indonesia bagian barat menyatu dengan benua Asia dan Indonesia timur menyatu dengan benua Australia.
loading...
Bagikan :
Back To Top