Buku Materi Sekolah

loading...

Tahap-tahap pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Untuk dapat hidup dan menjadi besar serta siap untuk berkembang biak dengan bunga, stek, dsb, tumbuhan harus melewati tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan terlebih dahulu. Tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan meliputi:

Tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

1. Tahap pertumbuhan awal

Tahap pertumbuhan awal dapat dilihat dari kondisi benih yang semula kering mulai mengembang karena biji mulai menyerap air, enzim-enzim mulai aktif, dan metabolisme mulai terjadi.

2. Tahap Perkecambahan

Tahap perkecambahan ditandai dengan munculnya plantula (tanaman kecil) dari dalam biji yang merupakan hasil pertumbuhan dan perkembangan embrio.

3. Tahap pertumbuhan primer

Tahap pertumbuhan primer meliputi pertumbuhan tiga sistem jaringan yang terletak pada akar dan batang. Pada tahap ini tumbuhan mulai membentuk akar, batang dan daun.

4. Tahap pertumbuhan sekunder

Tahap pertumbuhan sekunder adalah kelanjutan dari pertumbuhan primer dan hanya terjadi pada tumbuhan dikotil. Pada pertumbuhan sekunder terjadi pembentukan kambium dari parenkim atau kolenkim. Kambium inilah yang suatu saat akan berkembang membentuk xylem dan floem.

loading...
Bagikan :
Back To Top