Buku Materi Sekolah

loading...

Fungsi Air Ludah | Macam-macam Kelenjar Ludah

Fungsi air Ludah dan macam-macam kelenjar ludah. Air ludah atau air liur merupakan cairan yang diproduksi di dalam mulut oleh kelenjar ludah. Air ludah berfungsi untuk melarutkan makanan, memudahkan menelan dan sebagai pelindung mulut dari kekeringan, perubahan suhu, serta kondisi asam – basa.

Air ludah mengandung zat-zat penting yang berfungsi bagi sistem metabolisme tubuh. Seperti enzim yang membantuk proses pencernaan ataupun zat imunoglobulin yang dapat mencegah infeksi. Enzim yang terdapat pada air ludah adalah enzim ptialin (amilase) yang berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi gula.

Manusia memiliki 3 pasang kelenjar air ludah. Macam-macam kelenjar air ludah tersebut  dibedakan berdasarkan tempatnya. Berikut ini adalah 3 pasang kelenjar air ludah yang dimiliki manusia, yaitu:

Macam-macam Kelanjar air ludah

Macam-macam kelenjar air ludah berdasarkan letaknya adalah:

1. Grandula parotis, yaitu kelenjar ludah yang terletak di dekat telinga dan memproduksi ludah berbentuk cair yang disebut serosa.
2. Grandula submandibularis, yaitu kelenjar ludah yang berada di rahang bawah  dan memproduksi ludah berbentuk air dan lendir yang disebut seromucus.
3. Grandula sub lingualis, yaitu kelenjar ludah yang berada di bawah lidah dan memproduksi air ludah yang sama dengan grandula submandibularis.

Grandula parotis disebut juga kelenjar gondok. Jika kelenjar gondok ini terinfeksi akan menyebabkan penyakit gondok.

loading...
Bagikan :
Back To Top