Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Tahap-tahap proses Pencernaan pada Manusia

Tahap-tahap proses pencernaan pada manusia. Proses pencernaan manusia terdiri dari beberapa tahap. Tahap-tahap proses pencernaan itu di bedakan berdasarkan aktivitas yang terjadi. Proses pencernaan makanan pada manusi berlangsung secara sistematis dan nerurutan. Proses pencernaan dimulai dari mulut menuju ke kerongkongan, lalu lambung, usus besar, usus halus dan berakhir dianus. Antara mulut hingga anus di hubungkan oleh saluran pencernaan yang panjangnya kurang lebih 9-10 meter.

Proses pengolahan makanan dalam tubuh manusia berlangsung selama 18 jam. Bahkan saat tidurpun, organ pencernaan tetap bekerja. Berdasarkan aktivitas organ tubuh yang terjadi selama proses pengolahan makanan berlangsung, maka proses pengolahan makanan oleh tubuh di bagi menjadi 4 tahap. Tahap-tahap dalam proses pencernaan antara lain adalah:

Tahap-tahap proses pencernaan dalam tubuh manusia

1. Penelanan (Ingesti). Yaitu tahap dimana makanan dimasukan kedalam mulut, lalu dikunyah oleh gigi, dibasahi oleh air ludah dan di bolak balik oleh lidah. Setelah makanan halus maka akan ditelan dengan bantuan ludah kedalam kerongkongan. Oleh kerongkongan makanan didorong masuk kelambung dengan suatu gerakan yang terkenal yaitu gerak peristaltik

2. Pencernaan (digesti). Tahap pengolahan makanan yang terjadi didalam lambung terjadi secara kimiawi atau enzimatis. Dalam lambung makanan dicerna dengan bantuan enzim-enzim perncernaan seperti pepsin, dll.

3. Penyerapan (absorpsi). Tahap penyerapan makanan terjadi didalam usus halus yaitu pada usus penyerapan.

4. Pembuangan (eliminasi). Tahap pembuangan terjadi pada anus. Setelah melalui usus penyerapan, sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna lagi lalu dibuang kedalam usus besar. Dalam usus besar terjadi penyerapan air dan garam-garam mineral. Dalam usus besar juga terjadi pembusukan sisa makanan sebelum kemudian di buang keluar tubuh melalui anus dalam bentuk padatan (feces), gas (kentut) dan cairan.

loading...
Bagikan :
Back To Top