Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Kalender Masehi adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Kalender Masehi. Kalender Mashi adalah perhitungan hari, bulan dan tahun yang disusun berdasarkan perputaran bumi mengelilingi matahari. Kalender Masehi di sebut juga penanggalan matahari atau tahun Syamsiah. Kalender masehi bermula sejak kelahiran Yesus Kristus atau Isa Al Masih. Karena itu kalender ini di beri nama kalender masehi yang berasah dari kata Al Masih. Jika ada istilah kalender Masehi maka ada istilah kalender sebelum masehi. Yaitu kalender yang menyatakan tahu sebelum kelahiran Isa Al masih. Tahun Masehi disebut juga sebagai tahun tuhan kita yang dalam bahasa latin di sebut Anno Domini.

Dalam kalender masehi, 1 tahun adalah waktu yang diperlukan bumi untuk ber-revolusi mengelilingi matahari dalam satu putaran penuh. Waktu yang diperlukan bumi untuk mengelilingi matahari dalam satu putara penuh adalah 365 1/4 hari. Untuk memudahkan perhitungan, waktu 365 1/4 hari di bulatkan menjadi 365 hari. Sedangkan sisanya yang 1/4 di kumpulkan setelah empat kali dan di bulatkan menjadi 1 (1/4 x 4 = 1). Karena itu panjang tahun masehi ada 2 macam, yaitu tahun yang memiliki jumlah hari 365 dan tahun yang memiliki  jumlah hari 366. Tahun yang memiliki jumlah hari 365 terjadi 3 kali dalam 4 tahun. Sedangkan tahun yang memiliki jumlah hari 366 terjadi sekali dalam 4 tahun.

Perbedaan jumlah hari inilah yang kemudian menimbulkan istilah tahun biasa dan tahun kabisat. Tahun biasa adalah istilah yang digunakan untuk menyebut tahun yang jumlahnya 365 hari. Sedangkan tahun kabisat di gunakan untuk menyebut tahun yang memiliki jumlah hari 366. Pada tahun kabisat, kelebihan 1 hari di tambahkan pada bulan Februari. Sehingga jika pada tahun biasa jumlah hari pada bulan Februari adalah 28, maka pada tahun kabisat jumlah hari bulan Februari menjadi 29.

Berdasarkan kesepakan para ilmuwan, umur tiap-tiap bulan dalam tahun masehi telah di tetapkan, yaitu sebagai berikut:

Nama Bulan

Jumlah hari

Bulan

Jumlah hari

Januari 31 Juli 31
Februari 28/29 Agustus 31
Maret 31 September 30
April 30 Oktober 31
Mei 31 November 30
Juni 30 Desember 31
loading...
Bagikan :
Back To Top