Buku Materi Sekolah

loading...

Cara Menggunakan Mikroskop

Cara Menggunakan Mikroskop. Mikroskop adalah salah satu alat yang selalu ada di dalam sebuah laboratorium biologi. Fungsi mikroskop adalah untuk melihat benda kecil atau jasad renik yang tidak dapat di lihat oleh mata biasa dengan jelas. Karena itu di perlukan mikroskop sebagai alat untuk memperbesar objek yang diamati. Cara menggunakan mikroskop sangat mudah. Tapi tidak semua orang bisa dan dapat menggunakannya. Oleh karena itu dalam kesempatan ini, Kamus Q – Life Dictionary mencoba untuk berbagi sedikit pengetahuan bagaimana cara menggunakan mikroskop yang benar.

Cara menggunakan Mikroskop

Cara menggunakan mikroskop dengan baik dan benar tidaklah terlalu susah, coba saja ikuti Cara menggunakan mikroskop siswalangkah-langkahnya di bawah ini, yang antara lain adalah:

1. Pertama-tama, keluarkan mikroskop dan bagian-bagiannya seperti lensa okuler dan lensa objektif dari kotak penyimpananya.

2. Pasanglah lensa okuler dan lensa objektif pada tempatnya masing-masing. Untuk lensa okuler, gunakan yang mempunyai pembesaran rendah terlebih dahulu.

3. Letakkan mikroskop diatas meja yang memiliki sumber cahaya. Jika pencahayaan kurang, maka pindahkan ketempat lain sehingga di peroleh cahaya yang dibutuhkan. Saat memindahkan mikroskop, gunakan tangan kiri untuk memegang lengan mikroskop dan tangan kanan untuk menopang alasnya.

4. Siapkan preparat yang berisi objek yang akan di amati dan letakan di meja preparat lalu jepit dengan penjepit pereparat.

5. Atur perbesaran lensa objektif dari yang paling lemah hingga yang paling kuat. Caranya adalah dengan memutar revolver hingga lensa objektif berada pada satu poros dengan lensa okuler. Jika posisi tepat maka akan terdengar suara klik pada revolver.

6. Atur cermin dan diafragma untuk memperoleh pencahayaan yang dibutuhkan. Jika pencahayaan tidak sesuai, saat mengamati objek melalui lensa okuler akan terlihat gelap. Tetapi bila pencahayaan bagus, pengamatan melalui lensa okuler akan terlihat terang dan lapang.

7. Aturlah fokus lensa untuk memperoleh bayangan obyek  dengan cara memutar pemutar kasar dan pemutar halus.

8. Setelah bayangan objek di temukan, untuk menperoleh bayangan yang jelas dan mudah diamati, maka cobalah dengan memperbesar bayangan benda menggunakan lensa objektif sehingga di peroleh bayangan objek yang jelas dengan ukuran yang tepat. Gunakan lensa objektif dengan perbesaran rendah dahulu secara berurutan hingga perbesaran tinggi.

9.  Setelah pengamatan menggunakan mikroskop selesai, jangan lupa untuk membersihkan dan menyimpannya di tempat semula.

Gambar di ambil dari situs: http://garda-pengetahuan.blogspot.com

loading...
Bagikan :
Back To Top