Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Teori Kabut Kant-Laplace | Teori Nebula

Teori Kabut Kant-Laplace atau teori Nebula. Teori kabut Kant-Laplace atau nebula merupakan teori terjadinya tata surya yang paling tua. Teori ini di cetuskan oleh Imamnuel Kant dan Pierre Simon de Laplace. Kedua ahli astronomi ini tidaklah Teori Kabut Kant-Laplace bekerja sama dalam mencetuskan teorinya. Karena mereka berdua berasal dari tempat dan waktu yang berbeda. Imanuel Kant adalah seorang imuwan Jerman yang pada tahun 1755 mencetuskan teori kabut. Sedangkan Laplace adalah astronomi Prancis yang pada tahun 1796 mengemukakan teori Nebular Hypothesis. Namun karena dasar pondasi teori mereka sama, yaitu kabut maka teori yang mereka cetuskan kemudian di satukan dan dikenal dengan teori kabut Kant-Laplace.

Dalam teori kabut Kant, Immanuel mengemukanan bahwa matahari dan planet-planet berasal dari gumpalan kabut yang berputar dan memadat. karena adanya gaya tarik menarik dan tolak menolak, maka bagian inti kabut menjadi matahari dan bagian luar kabut terlontar dan menjadi planet-planet. Benda berupa nebulae ini banyak sekali terdapat di galaksi kita. Sehingga sedikit banyak ada yang setuju dengan teori ini. Sedangkan Laplace yang mencetuskan teori kabut lebih kemudian, juga mempunyai pendapat yang serupa. namun begitu bukan berarti dia meniru teori kabut Kant. Karena kedua teori terjadinya tata surya kedua ilmuwan ini sama, maka para pendukung teori kabut kemudian menyatukan teori mereka berdua menjadi Teori kabut Kant-Laplace.

Menurut teori Kabut Kant-Laplace, matahari dan juga planet-planet yang ada di jagat raya ini, dahulunya berasal dari gumpalan kabut pilin yang berputar cepat. Ketika berputar, ada yang terlepas. Lepasan kabut itu tetap berputar, makin lama makin dingin dan mengeras. Yang besar menjadi matahari dan yeng terlepas menjadi planet-planet. Maski teori ini terdengar masuk akal, namun teori Kabut Kant-Laplace di ragukan. pasalnya mungkinkah sebuah kabut dapat mengeras sekeras planet bumi atau planet mars? Dan kalaupun iya, seberapa besarkan kabut asalnya?

Namun meski di ragukan, Teori Kabut Kant-Laplace masih di pelajari sampai sekarang.

loading...
Bagikan :
Back To Top