PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Ternak Ruminansia

Ternak Ruminansia. Ternak ruminansia adalah hewan ternak yang pada sistem pencernaanya mempunyai alat pencernaan yang berbentuk rumen (perut besar). Berdasarkan susunan alat-alat pencernaanya hewan ternak dibagi dalam 2 kelompok besar yaitu ternak berlambung tunggal dan ternak berlambung jamak. Kelompok ternak berlambung jamak inilah yang biasa di sebut sebagai ternak ruminansia.

Dalam rumen (perut besar) ternak ruminansia terdapat berjuta-juta mikroba yang hidup bersimbiosis dengan ternak inang dan sangat berguna dalam proses pencernaan. Dengan mikroba-mikroba tersebut, ternak Ruminansia mampu memanfaatkan bahan makanan berkadar serat tingi seperti rumput-rumputan dan dedaunan menjadi makanan utama.

Sistem pencernaan pada ternak ruminansia sangat istimewa. Dimama alat pencernaan pada ruminansia yang disebut dengan lambung memiliki 4 bagian yaitu: rumen, reticulum, omasum dan abomasum. Yang termasuk jenis hewan ternak ruminansia antara lain adalah : kambing, sapi, kerbau, dll. BKPM Politani Unila 1996/1997
Comments
0 Comments

0 comments: