Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Cara mengembalikan kesuburan Tanah

Cara mengembalikan kesuburan tanah. Tanaman dapat tumbuh subur dan menghasilkan panen yang baik jika tanah yang ditumbuhinya memiliki kandungan mineral dan air yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Semakin sering suatu tanah pertanian ditanami tanaman, maka unsur hara yang dimiliki oleh tanah tersebut akan berkurang. Ketidak suburan tanah juga dapat disebabkan oleh tekikinya lapisan atas tanah oleh air hujan. Kekurangan unsur hara pada tanah akan menyebabkan tanah menjadi tidak subur sehingga tanaman yang ditanam di lahan tersebut tidak tumbuh dengan optimal. Karena itu perlu dilakukan pengolahan tanah untuk mengembalikan kesuburan tanah seperti semula. Berikut ini adalah cara mengembalikan kesuburan tanah.

Cara mengembalikan kesuburan tanah

1. Buatlah alur irigasi yang tepat agar tanah tidak mudah terkikis oleh air. Bagian tanah yang subur dan banyak mengandung unsur hara yang penting bagi tumbuhan adalah lapisan tanah bagian atas. Air hujan dapat menyebabkan pengikisan tanah lapisan atas yang banyak mengandung unsur hara sehingga tanah menjadi tidak subur lagi.

2. Penanaman dengan sistem rotasi. Pada umumnya tanaman hanya mengambil unsur hara yang pentingbagi pertumbuhannya. Karena itu untuk mencegah berkurangnya suatu unsur hara dari dalam tanah maka perlu dilakukan rotasi tanaman. Contohnya rotasni tanaman kacang-kacangan dan jagung. Kacang-kacangan sangat menbutuhkan mineral N agar dapat tumbuh dengan baik. karena itu penanaman kacang-kacangan secara terus menerus di suatu lahan akan dapat menyebabkan defisiensi mineral N dari dalam tanah.

3. Pemberian pupuk. Setiap tanaman membutuhkan unsur hara yang cukup untuk dapat tumbuh dengan baik. Untuk itu kandungan minderal dalam tanah harus dijaga. Caranya adalah dengan penambahan pupuk. Baik pupuk kandang, pupuk buatan ataupun pupuk alami (kompos). Penambahan pupuk bertujuan agar kebutuhan tanaman akan mineral dan unsur hara dapat terpenuhi.

loading...
Bagikan :
Back To Top