Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

RAMALAN PRIMBON JAWA


Ramalan yang didasarkan pada perhitungan hari dan pasaran. Yang bisa di ramal adalah nasib, perjodohan dan rezeki. Ramalan ini bukan mutlak untuk di percayai. Tapi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati.

Hampir semua hal bisa di ramal dengan perhitungan hari dan pasaran. Tergantung standar ukur atau patokannya. Misal ramalan untuk mendirikan rumah, patokannya tidak sama dengan ramalan perjodohan. Ramalan untuk melakukan perjalanan jauh, berbeda dengan ramalan perwatakan anak lahir.

Dalam tradisi Jawa, ada aplikasi-aplikasi tertentu untuk membentengi diri dari hal-hal buruk yang berasal dari luar, atau meningkatkan Innersense. Biasanya dengan melakukan tirakat. Baik yang berupa puasa maupun ‘melekan’(mengurangi tidur malam). Puasa yang terkenal dalam tradisi jawa adalah puasa ‘Dino Renteng’ dan ‘Dino petang puluh’.

Puasa ‘dino renteng’ adalah puasa yang dilakukan selama tiga hari berturut-turut dimana jumlah hari dan pasaran jika ditambahkan hasilnya sama.

Puasa ‘dino petang puluh’ adalah puasa selama tiga hari berturut-turut dimana jika hari dan pasarannya di jumlahkan hasilnya adalah 40.
loading...
Bagikan :
Back To Top