Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

SOS : Save our Seas

Kehidupan berawal dari laut dan bergantung padanya. Setuju atau tidak, tapi itulah hakikatnya. Lautan yang luasnya mencapai 60% permukaan bumi ini mempunyai peranan yang sangat besar dalam kehidupan seluruh makhluk hidup dan kelestarian lingkungan.

Peran yang utama adalah sebagai penyerap emisi CO2 dan memberi sumber makanan untuk ber juta-juta jenis makhluk hidup. Oleh sebab itu jika lautan bermasalah maka kitapun sebagai konsumennya pasti ikut terkena dampaknya juga. Maka menjaga kelestariannya merupakan tanggung jawab kita semua.


Kerusakan ekosiste laut sangat erat kaitannya dengan aktivitas manusia. Yang antara lain penyebabnya adalah penangkapan ikan yang berlebihan, perubahan iklim, polusi tanah, ekspolari gas serta yang paling parah adalah kerusakan/kebocoran kapal tanker pembawa minyak yang menjadi penyebab polusi yang utama.

CO2 yang di hasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil 1/2 nya di serap oleh lautan yang menyebkan meningkatnya kadar keasaman. Peningkatan kadar keasaman laut ini berpengaruh pada makhluk laut yang memerlukan kalsium carbonat sebagai penunjang hidupnya, seperti koral dan kerang. Bahkan juga berpengaruh pada pertumbuhan phytoplankton yang dikenal sebagai diatom yang merupakan sumber makanan utama hewan laut.
loading...
Bagikan :
Back To Top