Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Hikmah Puasa

hikmah puasa

hikmah puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi yang paling penting dan yang paling terasa adalah hikmah puasa yang berhubungan dengan hati dan nurani serta perbaikan diri.

Puasa mendidik kita untuk bersikap jujur, baik pada Allah, diri sendiri maupun pada orang lain. Puasa adalah satu-satunya ibadah yang langsung menghubungkan manusia dengan Allah. Manusia tidak bisa bermegah-megah berbangga dengan mengatakan puasa, karena hanya Allah yang tahu seorang hamba itu berpuasa atau tidak. Jika kita tidak berpuasa dan mengatakan berpuasa, maka yang di tipu bukan orang lain tapi sebenarnya kita sedang menipu diri sendiri. Karena dalam hal berpuasa, tidak ada yang sebenarnya di rugikan dari penipuan ini.

Hikmah puasa

telah membukakan kedekatan antara yang dicipta dan sang Pencipta. Manusia adalah manifestasi kekuasaan Allah di bumi. Satu-satunya makhluk yang di beri kehormatan untuk menjadi khalifah. Yang dikaruniai hati, akal dan pikiran yang masing-masing bagiannya jika terkoordinasi secara sempurna akan menciptakan makhluk mulia dan manusia yang paripurna. Puasa memiliki tiga fase yang masing-masing fasenya memiliki keistimewaan tersendiri.

  • Fase pertama adalah  fase rohmat yang terjadi pada 10 hari pertama di bulan ramadhan. Pada fase ini Allah membuka pintu Rahmat terhadap seluruh hambanya yang berpuasa.
  • Fase kedua adalah fase maghfiroh atau ampunan. Pada 10 hari yang kedua ini Allah memberi ampunan kepada para hambanya yang berpuasa dengan penuh keikhlasan.
  • Fase ketiga adalah fase itqu min an-Nar atau pembebasan dari api neraka. Fase ini terjadi pada 10 hari terakhir bulan ramadhan. Pada 10 hari terakhir inilah kemulyaan bulan ramadhan benar-benar diperlihatkan, karena didalamnya terhadap malam Lailatul Qodar yaitu malam dimana semua takdir yang akan terjadi dalam satu tahun kedepan telah ditentukan, malam yang jika di isi dengan ibadah akan menjadi malam yang lebih mulya dari 1000 bulan.

Inilah Hikmah Puasa

dengan segala keikhlasan dalam menjalankannya akan membuat kita menjadi makhluk yang paling mulia dan khalifah di bumi Allah tercinta ini. Semoga kita semua termasuk umat yang diberkati. Amin.
loading...
Bagikan :
Back To Top