Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Ilmu dan Harta dalam Opini Bianglala |

Ilmu dan harta sama berharganya

buku Meski dalam tingkatannya ilmu memiliki kedudukan sedikit lebih tinggi dari harta namun pada hakikatnya, keduanya tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Ilmu tidak dapat direalisasikan tanpa harta, sedangkan harta tidak dapat dijaga tanpa ilmu.

Ada yang bilang bahwa ilmu itu jauh lebih berharga dari harta. Sebab Ilmu adalah hakim, sedangkan harta adalah yang dikenai hukuman. Harta bisa berkurang dengan digunakan, tapi ilmu akan semakin bertambah jika digunakan. Dahulu kala, ilmu didapat dengan murah meriah bahkan tanpa biaya. Yang dibutuhkan hanyalah tekad dan kemauan. Sekarang, tidak lagi ilmu sudah menjadi suatu properti. Untuk mendapatkan ilmu manusia harus membeli. Untuk membeli diperlukan harta. Zaman sudah berubah. Tekad dan kemauan meski masih punya peranan penting tetap tidak bisa mengalahkan kekuasaan harta.

Ilmu menjadi istimewa karena ilmu menjadi salah satu hal yang membedakan manusia dari semua binatang. Ilmu adalah makanan bagi jiwa, sumber energi untuk hati dan nurani. Bahan bakarnya otak dan pikiran. Barang siapa tidak menyukai ilmu, lupa menyantap ilmu maka hatinya akan menjadi sakit, pikiran menjadi tidak sehat, logika dan perasaan tidak bekerja, hanya nafsu yang berkuasa. Akibatnya hilang segala pertimbangan-pertimbangan serta perhitungan tentang baik-buruknya suatu tindakan.

Jika anda melihat berita dunia, kerusuhan merajalela. Tindakan anarkhis, main hakim sendiri, bom bunuh diri…. adalah salah satu sebab salah penggunaan ilmu. Ilmu tanpa pemahaman adalah menyesatkan. Ilmu yang sedikit sangat membahayakan.

Dengan ilmu manusia menjadi bijaksana
Dengan harta manusia bisa berkuasa
Dengan keduanya manusia menjadi mulya...

Harta bisa digunakan untuk mencari Ilmu, dan Ilmu bisa digunakan untuk mendapatkan harta. Jika harta adalah kendaraan maka ilmu adalah pengendaranya. Maka carilah ilmu tanpa kenal lelah… karena ilmu tiada kadarluarsanya. Karena ilmu tidak mengenal sempadan… hanya membutuhkan tekad, kemauan dan kesabaran.
loading...
Bagikan :
Back To Top