Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Macam-macam Garis Lintang | Latitude

Macam-macam garis Lintang. Garis lintang adalah garis yang khayal yang mengelilingi bumi dari barat ke timur sejajar dengan garis khatulistiwa (equator).  Posisi garis lintang merupakan garis lurus yang menjadi kepanjangan dari sudut 0° di khatulistiwa sampai ke +90° di kutub utara dan -90° di kutub selatan. Garis lintang yang tepat berada di khatulistiwa di  Garis Lintang1 sebut garis lintang 0°, sedangkan garis lintang yang berada di titik pusat kutub utara dan kutub selatan adalah garis lintang 90°. Dengan adanya equator, maka garis lintang terbagi menjadi 2 macam.

Macam-macam garis lintang

Garis khatulistiwa sebagai garis lintang 0° membagi bumi menjadi 2 bagian sama besar yaitu bagian selatan dan bagian utara. Karena adanya pembagian itu maka garis lintang terbagi menjadi 2 macam, yaitu:

1. Garis Lintang Utara (LU)

Garis lintang utara (LU) adalah garis lintang yang membagi wilayah bumi bagian utara dari khatulistiwa hingga kutub utara. Di belahan bumi utara pada garis lintang 23,27° terdapat sebuah garis khayal yang di sebut tropic of Cancer. Garis ini menjadi  batas antara daerah tropis dan subtropis. Sedangkan pada garis lintang 66,33° juga tedapat sebuah garis khayal yang disebut Arctic circle yang merupakan batas wilayah sub tropis dan daerah kutub.

2. garis Lintang Selatan (LS)

Garis lintang selatan adalah garis khayal yang membagi belahan bumi bagian selatan. Seperti halnya di belahan bumi utara, di belahan bumi selatan juga terdapat garis khayal pada posisi 23,27° yang disebut Tropic of Capricon dan pada 66,33° yang disebut Antarctic circle.

Garis lintang berfungsi untuk menentukan zona iklim di bumi. jarak antara garis lintang di hitung dengan satuan derajat (°), menit (“) dan detik (‘). Dengan adanya garis lintang, bumi terbagi menjadi 3 zona iklim, yaitu iklim tropis, sub tropis dan kutub.

loading...
Bagikan :
Back To Top