Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Jenis-jenis Zaman Batu | Pembagian Zaman Batu

Jenis-jenis Zaman Batu. Zaman batu adalah zaman dimana manusia masih berada pada taraf primitif sehingga baru mampu menciptakan alat dari batu untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Alat dari batu tersebut di buat sedemikian rupa sehingga ada yang menyerupai alat pemotong seperti pisau, golok, kapak, dll. Selain itu ada pula yang di bentuk sebagai mata tombak. Selain batu, pada zaman ini manusia juga menggunakan bahan-bahan lain seperti tulang, kayu, dan lain-lain.  Za,am batu merupakan zaman prasejarah yang paling lama sehingga di bedakan menjadi beberapa masa. Berikut ini jenis-jenis zaman batu.

Jenis-jenis Zaman batu

Karena zaman batu ini berlangsung cukup lama, maka untuk lebih mengkhususkannya, zaman batu di bagi menjadi beberapa masa. Di mana pada setiap masa, memiliki ciri khusus. Pembagian zaman batu yaitu:

1. Zaman batu Tua ( Paleolithikum), pada zaman batu ini manusia masih hidup secara nomaden. Peralatan yang di buat dari batu bentuknya masih kasar tapi bisa di manfaatkan.

2. Zaman batu tengah/madya ( Mesolithikum), pada zaman batu ini manusia sudah hidup menetap, memiliki tempat tinggal dan telah menganut suat aliran kepercayaan. Namun begitu, peralatan sehari-hari masih di buat dari batu dengan pola dan bentuk masih sama dengan pada zaman paleolithikum.

3. Zaman batu muda (Neolithikum), pada zaman batu muda ini peralatan yang dibuat dari batu sudah diasah lebih halus. Manusia sudah membangun tempat tinggal, berkelompok dan hidup dari bercocok tanam.

4. Zaman batu besar (Megalithikum), disebut zaman batu besar karena pada zaman ini manusia sudah memiliki kebudayaan dan telah berkreasi dengan menciptakan bangunan-bangunan yang terbuat dari batu yangberukuran besar. Alat-alat yang di buat di zaman batu tua ini sudah memiliki bentuk yang sempurna, halus dan terasah. Bangunan-bagunan besar hasil kebudayaan dari zaman batu megalithikum salah satunya adalah punden berundak, peti mati dari batu, dll.

loading...
Bagikan :
Back To Top