Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Macam-macam Peradaban tertua Dunia

Macam-macam Peradaban tertua Dunia. Peradapan masyarakat dunia yang tertua tersebar di beberapa tempat. Masing-masing peradapan memiliki keistimewaan tersendiri yang dapat menjadi gambaran seperti apa manusia yang hidup di zaman tersebut dan bagaimana kebudayaan mereka. Setidaknya ada satu kesamaan yang sama diantara jenis-jenis peradapan tersebut, yaitu hampir semuanya berkembang di lembah sungai. Berikut ini adalah beberapa macam jenis peradapan manusia tertua di dunia.

Macam-macam Peradapan manusia tertua di Dunia

1. Peradaban Lembah Sungai Nil (Mesir Kuno)

Peradaban lembah sungai nil di kenal juga sebagai peradapan mesir kuno.  Peradaban ini berkembang sekitar tahun 2500 SM  yang berpusat di sepanjang aliran sungai nil. Sejak awal, lembah sungai nil telah menjadi urat nadi kehidupan mesir, baik sejak zaman mesir kuno maupun zaman kerajaan baru. Salah satu peninggalan dari peradaban ini antara lain adalah Piramida, Obelisk, kuil dewa-dewa, makam raja-raja, dll.

2. Peradaban Lembah sungai Tigris dan Eufrat (Mesopotamia)

Peradapan lembah sungai Tigris dan Eufrat di sebut juga peradapan Mesopotamia. Mesopotamia adalah nama sebuah wilayah yang terletak diantara dua sungai besar, yaitu sungai Tigris dan sungai Eufrat. Peradapan mesopotamia di perkirakan merupakan pusat dari peradaban tertua di dunia yang di kembangkan oleh bangsa Sumeria sekitar tahun 3000 SM.

3. Peradaban Lembah sungai Indus (India Kuno)

Peradaban lembah sungai Indus merupakan peradapan India kuno yang dimulai sejak 6000 SM. Peradaban ini berkembang di lembah sungai Indus yang terbagi dalam dua daerah, yaitu Punjab dan Hindustan. Kebudayaan India kuno merupakan kebudayaan yang tertua di dunia yang di wakili oleh kebudayaan Mahenjodaro dan Harappa yang di bangun oleh bangsa Dravida, penduduk asli India. Sebelum mereka di kalahkan oleh bangsa Arya.

4. Peradaban Lembah Sungai Kuning (Cina Kuno)

PEradaban lembah sungai kuning juga merupakan salah satu jenis peradaban tertua di dunia.  Penemua arkheologi membuktikan bahwa daerah lembah sungai kuning sudah di diami manusia purba sejak 1,7 juta tahun yang lalu, atau sejak pada zaman Neolithikum.

5. Peradabana Meso Amerika

Mesoamerika adalah  istilah yang digunakan untuk merujuk wilayah geografis yang membentang dari Tropik Cancer di tengah Meksiko hingga Guatemala, Belize, Honduras, El Savador, dan Nikaragua, sampai barat laut Costa Rika.  Pemukiman disini sudah ada sejak 5100 SM. Peninggalan kebudayaan yang dapat menjadi bukti peradaban Meso Amerika diantaranya adalah kebudayaan Olmec, peninggalan kota kuno Teitihuacan, kebudayaan suku Maya yang terkenal dengan kalendernya serta kebudayaan suku Aztek yang terkenal dengan bagunan piramidanya.

loading...
Bagikan :
Back To Top