Buku Materi Sekolah

loading...

Macam-macam Erosi

Macam-macam Erosi. Erosi adalah proses pengikisan tanah dan batuan  serta pengangkutan material hasil pelapukan oleh tenaga eksogen.  Tenaga eksogen yang ada di alam terbagi menjadi 3, yaitu air, angin dan es atau gletsyer. Karena itu secara umum, jenis-jenis erosi di bedakan tenaga eksogen yang membawanya. Berikut ini adalah macam-macam erosi yang terjadi di alam, yaitu:

Macam-macam Erosi

1. Erosi Air

Erosi air adalah erosi yang disebabkan oleh tenaga air. Erosi air adalah jenis erosi yang paling banyak terjadi di bumi. karena itu tak jarang jika seseorang menyebut kata erosi akan merujuk pada erosi yang di sebabkan oleh air ini. Erosi air memiliki berbagai macam pola, diantaranya adalah:

  • Erosi percikan
  • Erosi lembar
  • Erosi Alur
  • Erosi Parit
  • Erosi tebing sungai
  • Erosi gelombang air laut (abrasi)
  • 2. Erosi Angin (Deflasi)

    Erosi angin adalah pengikisan tanah dan bantuan yang disebakan oleh tiupan angin. Erosi oleh angin di sebut juga deflasi. Deflasi biasanya terjadi di daerah gurun kering yang berbatu dan gurun pasir. Deflasi biasanya di ikuti dengan korasi, yaitu erosi yang disebakan oleh angin kencang yang membawa material dan kemudian mengikis batuan yang dilintasinya, karena material yang terbawa berat, maka biasanya bagian batuan yang terkikis akibat proses korasi adalah bagian bawah sehinga membentuk batu cendawan.

    3. Erosi Glasial (Eksarasi)

    Erosi es atau erosi glasial adalah erosi yang di sebakan oleh es yang bergerak atau gletser. Erosi oleh es yang bergeak di sebut juga peristiwa eksarasi. Gletser biasanya terjadi di daerah kutub atau di puncak-puncak pegunungan yang tinggi dimana terdapat salju. Erosi glasial terjadi jika salju yang mencair bergerak ketempat rendah sambil mengikis batuan yang dilaluinya. Hasil erosi glasial  biasanya berupa palung yang menyerupai huruf U. Material yang terkikis akan diendapkan di daerah ujung gletser.

    loading...
    Bagikan :
    Back To Top