Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup


Tujuan Klasifikasi makhluk hidup. Klasifikasi makhluk hidup bertujuan untuk mempermudah mengenali, mengidentifikasi serta mempelajari mahluk hidup yang beraneka ragam. Klasifikasi makhluk hidup secara umum dibagi atas 5 kingdom yaitu :

  1. KINGDOM ANIMALIA
  2. KINGDOM PLANTAE
  3. KINGDOM FUNGI (jamur)
  4. KINGDOM MONERA
  5. KINGDOM PROTISTA
Untuk memenuhi tujuan klasifikasi makhluk hidup, maka mahluk hidup dikelompokkan dalam suatu kelompok besar. Dalam kelompok besar ada kelompok kecil. Dalam kelompok kecil ada kelompok yang lebih kaecil lagi. Begitu seterusnya. Berikut ini adalah struktur klasifikasi makhluk hidup dalam usahanya untuk memenuhi tujuan klasifikasi makhluk hidup itu sendiri.

Makhluk hidup di kelompokan menjadi 5 kelompok besar yang disebut Kingdom (Regnum). Kingdom dibagi lagi menjadi kelompok-kelompok Divisi/Filum, Divisio dibagi lagi menjadi Classis (Kelas), Kelas dibagi lagi menjadi Ordo (Bangsa), Bangsa dibagi lagi menjadi Familia (Suku), Suku dibagi lagi menjadi Genus (Marga), Marga dibagi lagi menjadi Species (Jenis), Kadang-kadang jenis dibagi lagi dalam kelompok Variasi (Ras).

Kadang-kadang setiap tingkat kelompok dibagi lagi dalam sub-sub, misalnya sub divisi, sub kelas dan sebagainya. Jadi tingkatan pengelompokan pada hewan berturut-turut sebagai berikut: Kingdom (Regnum), Divisi/Philum (Filum), Kelas, Suku, Marga, dan Jenis.

Contoh Klasifikasi makhluk hidup

Klasifikasi Pepaya

Kingdom : Plantae
Divisi : Tracheophyta
Sud Divisi : Spermatophyta
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Caricales
Familia : Caricaceae
Genus : Carica
Species : Carica papaya
Klasifikasi Kucing

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Sub Filum : Vertebrata
Kelas : Mammalia
Ordo : Carnivora
Familia : Felidae
Genus : Felis
Species : Felis domestica

Dari contoh klasifikasi makluk hidup diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa: arena makhluk hidup dikelompokkan dari kelompok besar ke kelompok kecil berdasarkan ciri-cirinya, maka :
  • Dari kelompok Kingdom sampai ke kelompok Species jumlah anggotanya semakin sedikit;
  • Dari kelompok Kingdom sampai ke kelompok Species jumlah persamaan cirinya semakin banyak.
Dengan begitu Tujuan Klasifikasi yaitu untuk mempermudah mengenali, mengidentifikasi dan mempelajari makhluk hidup dapat terlaksana dengan baik karena kesederhanaa dari tata cara pengklasifikasian. Kalsifikasi makhluk hidup diatas berdasarkan dari tata cara klasifikasi makhluk hidup Carrolus Linnaeus yang dikenal dengan taxonomi linaaeus dengan pola penamaan Binomial Nomenclature
loading...
Bagikan :
Back To Top