Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Macam-macam Distilasi |Jenis-jenis Destilasi

Macam-macam Distilasi dan Jenis-jenis Destilasi. Destilasi atau penyulingan adalah suatu proses penguapan yang diikutipengembunan.Distilasi dilakukan untuk memisahkan suatu cairan dari campurannya apabila komponen lain tidak ikut menguap. Distilasi banyak sekali macamnya tergantung dari fungsi dan bahan yang akan di distilasi. Berikut ini adalah jenis-jenis Destilasi.

Macam-macam Distilasi

1. Distilasi Sederhana, prinsipnya memisahkan dua atau lebih komponen cairan berdasarkan perbedaan titik didih yang jauh berbeda.
2. Distilasi Fraksinasi (Bertingkat), sama prinsipnya dengan distilasi sederhana, hanya saja didistilasi bertingkat ini memiliki rangkaian alat kondensor yang lebih baik, sehingga mampumemisahkan dua komponen yang memiliki perbedaan titik didih yang berdekatan.
3. Distilasi Azeotrop, memisahkan campuran azeotrop (campuran dua atau lebih komponen yang sulit di pisahkan), biasanya dalam prosesnya digunakan senyawa lain yang dapat memecah ikatan azeotrop tsb, atau dengan menggunakan tekanan tinggi.
4. Distilasi Kering : memanaskan material padat untuk mendapatkan fasa uap dan cairnya. Biasanya digunakan untuk mengambil cairan bahan bakar dari kayu atau batu bata.
5. Distilasi vakum: memisahkan dua komponen yang titik didihnya sangat tinggi, motede yangdigunakan adalah dengan menurunkan tekanan permukaan lebih rendah dari 1 atm, sehingga titik didihnya juga menjadi rendah, dalam prosesnya suhu yang digunakan untuk mendistilasinya tidak perlu terlalu tinggi.
Dari 5 macam destilasi diatas, anda dapat memilih jenis destilasi mana yang bisa di gunakan. Semoga bermanfaat!
loading...
Bagikan :
Back To Top