Bukan Sekedar KAMUS!

loading...

Ikatan Kimia dan Jenis-jenis Ikatan Kimia

Ikatan Kimia dan Jenis-jenis Ikatan Kimia. Ikatan kimia adalah suatu ikatan yang terjadi pada suatu unsur karena adanya ikatan kimia gaya tarik menarik antara dua atom atau molekul yang menyebabkan suatu senyawa diatomik atau poliatomik menjadi stabil. Ikatan kimia terbentuk dari molekul-molekul dalam suatu unsur baik  yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Sifat-sifat zat sebagian besar ditentukan oleh ikatan kimia antara atom-atom pembentukya. Ikatan kimia banyak sekali jenisnya. Jenis-jenis Ikatan kimia antara lain;

Jenis-jenis Ikatan Kimia

Jenis ikatan kimia beraneka ragam, namun setidaknya ada 8 jenis ikatan kimia yang layak untuk di ketahui. Jenis-jenis ikatan kimia tersebut antara lain:

  1. Ikatan logam
  2. Ikatan Hidrogen
  3. Ikatan (Gaya) Van Der Waals
  4. Ikatan aromatik
  5. Ikatan pisang

Ikatan kimia pada prinsipnya berasal dari interaksi antar elektron-elektron yang ada pada orbit luar, atau orbit yang terisi sebagian atau orbit bebas dalam atom lainya. Ikatan kimia yang terjadi dalam suatu unsur atau senyawa berpengaruh pada sifat-sifat zat. Ikatan kimia dapat di lihat jelas pada proses perubahan kimia atau reaksi kimia. Reaksi kimia terjadi karena adanya proses penggabungan atau pemisahan atom-atom dengan cara tertentu dimana ataom yang satu dengan yang lain saling melepaskan diri dan membentuk ikatan kimia baru sehingga terbentuk zat yang berbeda dengan zat asal.

loading...
Bagikan :
Back To Top