PENGUMUMAN


Kamus Q - Life Dictionary yang semula ada di SINI telah migrasi ke KAMUSLIFE.COM. Dengan banyak artikel baru dan format yang baru.

Demikian semoga dapat di maklumi



Mencangkok | Keunggulan dan Kelemahan

Cangkok. Keunggulan dan Kelemahan mencangkok. Perbanyakan tanaman dengan cara mencangkok memiliki kelebihan dan kelemahan yang bisa di jadikan pertimbangan. Mencangkok adalah suatu cara perkembangbiakan tanaman secara vegetatif.  Mencangkok biasanya dipilih jika tanaman yang akan dikembangbiakan tidak dapat  perbanyakan dengan pembiakan vegetatif lain seperti stek.  Untuk mengetahui Pengertian cangkok dan cara mencangkok dapat di lihat di artikel: Cangkok dan Cara Mencangkok | Pengertian dan Definisi.

Keunggulan dan kelemahan mencangkok yang pertama adalah sifat tanaman baru akan sama persis dengan induknya. Karena itu perkembang biakan dengan cara mencangkok banyak dilakukan pada tanaman buah-buahan dan bunga-bungaan. Namun tidak semua tanaman buah-buahan atau bunga-bungaan bisa di cangkok. Jenis tanaman yang bisa di cangkok adalah jenis tanaman yang berkayu seperti mangga, jeruk, jambu, belimbing manis, lengkeng, rambutan, kemuning, soka, bougenvil , dll. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi kelemahan dan keunggulan mencangkok.

Keunggulan dan Kelemahan Mencangkok

Keunggulan / Kelebihan mencangkok
  1. Sifat tanaman baru sama seperti induknya
  2. Menghasilkan buah dalam waktu yang relative singkat ± 4 tahun
  3. Waktu yang diperlukan untuk perbanyakan relative singkat antara 1 – 3 bulan.
Kelemahan / Kekurangan mencangkok
  1. Perakaran cangkokan kurang kuat dan dangkal
  2. Bentuk pohon induk jadi rusak
  3. Tidak dapat menyediakan bibit yang relative banyak dalam waktu yang cepat
  4. Cara pengerjaan sedikit lebih rumit dan memerlukan ketelatenan
  5. Jika sering dilakukan pencangkokan terhadap pohon induk maka produksi buah induk menjadi terganggu.
Dengan mengetahui keunggulan / kelebihan dan Kelemahan / kekurangan mencangkok semoga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memperbanyak tanaman yang diinginkan.
Comments
0 Comments

0 comments: